Karya Melaspas, Melasti,Ngenteg Linggih, Nubung Daging di Pura Telaga Tista, Pasar Agung, Bangkak, Sega dan Pejabungan Desa Adat Sibetan

Karya Agung yang dilaksanakan di Desa Adat Sibetan Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, yaitu Melaspas, Melasti, Mendak Tirta Segara, Ngenteg Linggih, dan Nubung Pedagingan yang di pusatkan di beberapa pura desa adat sibetan, antara lain Pura Pasar Agung Sibetan, Pura Bangkak Pesimpenan, Pura Telaga Tista, Pura Sega dan Pura Pejabungan desa Sibetan.

Tanggal 28 April 2010 diawalinya karya dengan ngaturang piuning, selanjutnya diikuti eedan karya yang lainnya, namun Nuansa karya agung ini sudah terasa dari 2 bulan sebelumnya, terlihat dari antusiasnya masyarakat dan penglingsir desa adat sibetan ngaturang pengayah dari nanceb wewangunan seperti nyikut karang sampai pada nguggahang sunari dan membuat sesajen suci.

Karya agung ini dipusatkan di Pura Puseh Sibetan, dimana segala kegiatan mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan selanjutnya ilaksanakan di pura Puseh Sibetan, karena Pura Puseh ini merupak center segala aktivitas yang di dukung juga oleh para Pemaksan Puseh serta Jro Desa.

Inilah sekilas tentang arti Kata Ngayah sangat populer dikalangan Umat Hindu terutama yang berasal dari Bali, setiap kali ada suatu aktivitas atau pekerjaan di sebuah pura atau fasilitas umum milik masyarakat, biasanya pememimpin masyarakat di sana akan mengajak warganya untuk “Ngayah” menyelesaikan pekerjaan secara gotong royong dengan ikhlas tanpa pamrih.

Untuk mengetahui bagaimana aktivitas pengayah saat karya agung kali ini  di desa Adat Sibetan, berikut ini saya tampilkan foto-foto Ngayah oleh Yan Dresti, selamat membaca:

Karya Agung desa di desa adat sibetan terlaksana berkat adanya semangat dan peran serta dari seluruh masyarakat desa sibetan, semoga dengan terlaksananya karya agung ini kita semua mendapatkan anugrah dari Ida Sasuhunan,!!!

Info Redaksi:

untuk kritik dan saran serta tambahan silahkan kirimkan kepada

I Wayan Dresti Yasa

Mobile Phone: 085237765469, 085739166489

email: dresti_yasa2000@yahoo.com

dresti2@gmail.com

wayandresti@hotmail.com

wayandrestiyasa@aol.com

FB:   http://www.facebook.com/drestiyasa


2 tanggapan untuk “Karya Melaspas, Melasti,Ngenteg Linggih, Nubung Daging di Pura Telaga Tista, Pasar Agung, Bangkak, Sega dan Pejabungan Desa Adat Sibetan”

  1. Ida bagus Putu Adnyana Avatar
    Ida bagus Putu Adnyana

    Terima kasih infonya…walaupun saya masih di surabaya, sy bisa tahu info di desa sibetan. Selkamat berkarya semoga sukses

    1. penadresti Avatar
      penadresti

      suksma mewali…!! ratu…!!!! Sukses mewali dumogi becik-becik ring Surabaya!!!
      selama karya ring desa sibetan,!! titiyang berusa untuk meliput serta menampilkan dalam bentuk blog yang sangat sederhana, agar bisa dinikmati dan di baca oleh semeton desa Sibetan yang tidak sempat Pulang kampung karena tugas dan kewajibannya di luar desa Sibetan!!!

Tinggalkan komentar